Cara Menghilangkan Karang Gigi Membandel Secara Alami dan Cepat

Posted on

Cara menghilangkan karang gigi sudah seharusnya diketahui oleh semua orang, khususnya bagi mereka yang malas pergi ke dokter atau ke puskesmas. Selain membuat penampilan menjadi kurang maksimal, karang gigi ternyata juga bisa menjadi pemicu terjadinya peradangan gusi, gigi berlubang dan bau mulut.

Jika dihitung-hitung, biaya membersihkan karang gigi di puskesmas atau dokter spesialis tentu tidaklah murah. Apalagi karang gigi yang sudah parah dan mengeras, tentu membutuhkan biaya ekstra.

Dibawah ini akan sedikit saya jelaskan tentang penyebab karang gigi, bagaimana cara mencegahnya sampai dengan cara menghilangkan karang gigi. Baik secara alami atau menggunakan produk-produk yang dijual dipasaran.

Langsung saja kita simak ulasan selengkapnya berikut.

Penyebab dan Cara Mencegah Karang Gigi

Secara umum, karang gigi disebabkan oleh sisa-sisa makanan yang menumpuk di gigi dan tidak segera dibersihkan. Secara bertahap, sisa-sisa makanan ini akan berubah menjadi karang gigi dan teksturnya semakin mengeras akibat air liur. Air liur bisa menyebabkan karang gigi mengalami sedimentasi karena mengandung mineral.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda harus memperhatikan setiap jenis makanan yang dikonsumsi dan jangan malas untuk membersihkannya. Cara mencegah karang gigi akan dibahas lebih lengkap dibawah ini.

Rutin Menggosok Gigi

Rutin Menggosok Gigi

Ini dia syarat wajib yang harus Anda lakukan untuk menghindari pembentukan karang gigi. Dengan menggosok gigi 2 kali sehari, ini akan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang sudah Anda konsumsi.

Direkomendasikan sebaiknya Anda memilih sikat gigi berukuran kecil dan lembut, supaya terasa nyaman saat digunakan dan bisa menjangkau seluruh bagian gigi.

Hindari rokok

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Selain disebabkan oleh penumpukan sisa makanan, karang gigi juga bisa dipicu akibat produk tembakau. Hal ini bisa dibuktikan dengan melihat gigi perokok, dimana mereka cenderung memiliki karang gigi.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menghindari rokok sekarang juga.

Perbanyak Minum Air

Perbanyak Minum Air

Untuk membantu mengurangi pembentukan karang gigi, Anda disarankan supaya memperbanyak minum air putih. Minumlah air putih sebelum dan sesudah makan.

Perhatikan pola makan

Perhatikan pola makan

Tahukah Anda, bahwasannya makanan yang mengandung tepung dan gula bisa menyebabkan bakteri di mulut berkembang. Ketika Anda mengonsumsi kedua jenis makanan ini, bakteri melepaskan asam yang bisa menyebabkan karang gigi dan merusak gigi.

Beberapa makanan yang sebaiknya Anda batasi adalah permen, cokelat, soda, keripik kentang, minuman es, roti dan buah kering.

Menggunakan obat kumur

Menggunakan obat kumur

Agar gigi Anda lebih terlindungi dan terbebas dari masalah karang gigi, sangat direkomendasikan agar menggunakan obat kumur antiseptik secara rutin setiap hari. Obat kumur akan membantu membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan plak di gigi.

Cara Menghilangkan Karang Gigi Sendiri di Rumah

Daripada harus merogoh kocek yang lumayan mahal dan ribet-ribet pergi ke dokter spesialis, bukankah sebaiknya Anda mencoba terlebih dahulu beberapa cara menghilangkan karang gigi berikut ini.

Namun ingat, cara menghilangkan karang gigi dibawah hanya berlaku jika kondisinya belum kritis. Jika karang gigi Anda sudah parah, sebaiknya langsung konsultasikan dengan dokter.

Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan supaya kebersihan gigi terlindungi secara sempurna adalah menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung flouride, zinc citrate, pyrophosphates dan tricoslan.

Kandungan flouride pada pasta gigi dipercaya mampu mencegah perkembangan plak di gigi dan menghilangkan noda kekuningan secara efektif. Dengan begitu, gigi Anda bisa terbebas dari tumpukan sisa-sisa makanan yang mengganggu.

Biji Wijen

Biji Wijen

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah memanfaatkan biji wijen. Biji wijen yang biasa digunakan sebagai campuran roti ini ternyata juga bisa menjadi scrub alami, untuk memoles dan membersihkan gigi sekaligus.

Cara pemakaian:

  • Siapkan 1 sendok makan biji wijen, masukkan ke dalam mulut
  • Kunyah hingga lumat dan jangan sampai ditelan
  • Setelah dirasa lumat, gosok gigi Anda dengan pasta ini
  • Kumur-kumur seperti biasa

Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa menggosok gigi dengan biji wijen secara rutin dua kali seminggu.

Jus Lemon

Jus Lemon

Tidak kalah bagusnya dari biji wijen, buah lemon ternyata juga bisa memberikan hasil yang memuaskan. Buah lemon mengandung asam yang bisa membantu memutihkan gigi dan melarutkan plak membandel.

Cara pemakaian:

  • Siapkan 1 buah lemon, blender sampai menjadi jus
  • Celupkan sikat gigi ke dalam jus lemon tadi
  • Kemudian gosok gigi seperti biasa
  • Sebelum dibilas, diamkan terlebih dahulu selama 1 menit
  • Baru kemudian dibilas dengan air bersih

Catatan penting, jus lemon memiliki sifat yang sangat kuat dan bisa menyebabkan terjadinya erosi gigi. Sebaiknya hindari penggunaannya apabila gigi Anda sensitif.

Gliserin dan Lidah Buaya

Gliserin dan Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kecantikan kulit wajah, siapa sangka ternyata lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi. Hasilnya menjadi lebih optimal ketika dipadukan dengan gliserin.

Berikut ini adalah cara menghilangkan karang gigi menggunakan gliserin dan lidah buaya:

  • Pertama-tama, siapkan 1 cangkir air
  • Kemudian tambahkan 4 sdm baking soda, minyak esensial lemon 10 tetes, gel lidah buaya 1 sendok teh dan gliserin sayuran 4 sendok teh
  • Campurkan semua bahan sampai menjadi pasta
  • Ambil sikat gigi dan gunakan pasta tadi untuk menggosok gigi

Lakukanlah perawatan ini secara rutin setiap hari, sampai karang gigi dirasa sudah berkurang. Baru kemudian Anda hanya perlu melakukannya 3-4 hari sekali.

Cengkeh

Cengkeh

Sudah sejak lama cengkeh dimanfaatkan untuk mengobati nyeri akibat sakit gigi. Sekarang, kita akan menggunakan cengkeh untuk membantu melawan mikroba yang ada di mulutmu. Berikut ini adalah tutorial selengkapnya:

  • Pertama-tama, silahkan Anda giling cengkeh. Jika tidak mau ribet, bisa juga dengan membeli cengkeh serbuk
  • Siapkan satu wadah, tuangkan sedikit minyak zaitun dan cengkeh halus
  • Aduk-aduk kedua bahan tadi secara merata
  • Oleskan campuran ke area gigi bernoda
  • Diamkan sebentar, kemudian bilas dengan air bersih

Jika cara menghilangkan karang gigi diatas kurang praktis, Anda bisa memilih untuk mengunyah cengkeh secara teratur. Ini akan membantu membunuh bakteri di mulut dan mengurangi bau mulut.

Garam dan Baking Soda

Garam dan Baking Soda

Anda pasti sudah sering mendengar jika salah satu cara paling ampuh untuk membersihkan karang gigi adalah menggunakan campuran garam dan baking soda. Apakah itu benar? Jawabannya adalah betul sekali.

Baking soda diketahui mempunyai efek antibakteri yang akan membantu memutihkan gigi Anda secara efektif.

Berikut adalah cara penggunaannya:

  • Siapkan 1 sendok makan baking soda, kemudian beri sedikit garam
  • Anda bisa memakainya secara langsung atau mencampurkan ke pasta gigi

Perlu Anda ingat, apabila pemakaian baking soda hanya dibatasi sekali seminggu dan tidak boleh lebih. Karena jika Anda menggunakannya secara berlebihan, bisa menyebabkan kerusakan pada email gigi.

Daun Sirih

Daun Sirih

Daun sirih adalah rahasia kesehatan dan kebersihan gigi orang-orang zaman dahulu, sehingga gigi mereka bisa terbebas dari masalah bau mulut dan karang gigi yang sangat mengganggu.

Jika diperhatikan dengan seksama, Anda pasti sering melihat kakek atau nenek yang secara rutin mengunyah daun sirih.

Cara menghilangkan karang gigi dengan daun sirih:

  • Siapkan satu lembar daun sirih dan 1 batang cengkeh ( optional )
  • Haluskan kedua bahan tadi agak kasar
  • Kemudian kunyah selama beberapa menit
  • Jika dirasa sudah cukup, bilas menggunakan air bersih

Demikianlah postingan saya kali ini tentang cara menghilangkan karang gigi membandel yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.