Cara Menghilangkan Kaki Pecah – Pecah Dengan Alami

Posted on

Menghilangkan Kaki Pecah – Pecah – Kaki pecah – pecah pada area tumit dan jempol kaki memang menjadi masalah umum yang kebanyakan orang alami. Memiliki kaki pecah – pecah membuat tidak percaya diri dan tidak menarik untuk dilihat. Lebih parahnya lagi, jika pecah – pecah dan retakan tersebut terlalu dalam, bisa menimbulkan rasa sakit ketika berdiri maupun berjalan.

Penyebab kaki pecah – pecah adalah sering berdiri lama, menggunakan sepatu yang tidak pas, sering berjalan tanpa mengguanakan alas kaki dan mandi terlalu lama atau menggunakan sabun yang berbahan bersifat iritatif.

Tak hanya itu, kaki pecah – pecah biasanya muncul pada orang yang memiliki usia lebih lanjut. Orang yang tidak memiliki gaya hidup yang sehat juga sangat beresiko memiliki kaki pecah – pecah seperti perokok dan orang yang suka minum alcohol. Namun, jika kamu memiliki kaki pecah – pecah berikut ini ada beberapa cara menghilangkan kaki pecah – pecah dengan menggunakan bahan alami.

Oleskan Pelembap Oklusif

Oleskan Pelembap Oklusif

Mengoleskan pelembap oklusif juga merupakan salah satu cara menghilangkan kaki pecah – pecah. Pelembap oklusif ini membantu mencegah penguapan cairan dari lapisan kulit paling luar.

Contoh pelembap oklusif adalah minyak mineral, lanolin, petroleum jelly dan dimethicone. Kamu bisa mengguankan pelmbap ini setiap malam sebelum tidur dan setelah mengoleskan pelembap ini pastikan menggunakan kaos kaki yang berbahan katun agar tidak mengenai lantai maupun seprai.

Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang dikenal dengan bahan yang bisa melembapkan. Oleh karenanya minyak zaitun sangat membantu sekali memperbaiki kaki pecah – pecah. Caranya cukup mengoleskan minyak zaitun pada permukaan kaki yang pecah sambil memijat – mijatnya dengan lembut selama 10 sampai 15 menit.

Memijat permukaan kaki dengan menggunakan minyak zaitun bisa membuat kulit menjadi lembap, selain itu membantu merangsang sirkulasi darah sehingga mempecepat proses penyembuhan.

Lulur Oatmeal

Lulur Oatmeal

Lulur oatmeal memang dipercaya meghilangkan kaki kering dan pecah – pecah. Kandungan asam amino yang terdapat pada oatmeal membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak.

Menurut seorang dokter, dr. devia oatmeal memiliki sifat antiinflamasi, saponin dan beta glukan yang membantu membasmi sel – sel kulit mati.

Asam amino sendiri membantu membangun ulang dan boost proses pemulihan jaringan. Tentunya, sangat bermanfaat sekali untuk memperbaiki keadaan kulit yang rusak.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa tak hanya baik untuk kesehatan rambut, tapi juga baik untuk kesehatan kulit.

Minyak kelapa tak hanya membantu melembapkan, tapi juga dipercaya dapatkan menghaluskan kaki yang pecah – pecah yang rentan terkena infeksi dan berdarah. Hal ini karena, minyak kelapa mengandung sifat antimikroba dan antiradang.

Cara menggunakankannya, rendam terlebih dahulu kaki dengan menggunakan air hangat. Setelah itu, keringkan kemudian oleskan minyak kelapa pada permukaan kaki pecah – pecah sambil memijat lembut kaki.

Madu

Madu

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat pada ilmu kesehatan. Oleh karena itu, madu juga bisa mengatasi masalah kulit kaki pecah- pecah. Karena kandungan antibakteri dan antimikroba yang membantu melembapkan kulit sekaligus membantu peruses penyembuhan kaki pecah – pecah.

Caranya cukup mencampurkan satu gelas madu dengan air hangat secukupnya kedalam wadah besar. Rendam kaki kedalam baskom yang berisi air tersebut selama 15 menit dan kemudian gosok permukaan kulit pecah – pecah. Kamu juga bisa menggunakan madu untuk masker kaki dengan cara membiarkannya semalaman.

Masker Pisang Dan Alpukat

Masker Pisang Dan Alpukat

Obat kaki pecah – pecah selanjutnya yang mudah ditemukan dirumah adalah pisang dan alpukat. Kamu bisa mencampurkan 1 buah pisang dengan ½ buah alpukat dan menghaluskan kedua bahan tersebut sampai menjadi pasta. Kemudian oleskan pasta dengan tebal pada kaki dan biarkan 20 menit, setelahnya bilas dengan air hangat sampai bersih.

Pisang membantu melembapkan kulit. Sedangkan alpukat mengandung vitamin A, vitamin E, asam lemak omega yang membantu mengusir kaki pecah – pecah.

Tepung Beras

Tepung Beras

Tepung beras bisa jadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba dirumah. Tekstur tepung beras yang bergrinjil kasar berfungsi mengelupas, membersihkan dan menutri kulit dan membuatnya menjadi lebih halus dan lembut.

Caranya campurkan 3 sendok makan tepung beras dengan beberapa tetes madu dan cuka sari apel untuk meracik menjadi pasta kental, kemudian rendam kaki selama 10 menit dengan mengguanakan air hangat. Setelah itu keringkan dan oleskan pasta tersebut pada kaki yang bermasalah sambil memijat – memijatnya dengan lembut untuk mengangkat sel kulit mati.

Baking Soda

Baking Soda

Baking soda ternyata juga ampuh mengatasi masalah kaki pecah – pecah. Baking soda memang sudah dikenal sejak lama, digunakan untuk kecantikan tubuh dan wajah. Baking soda juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya membantu mengatasi masalah kaki pecah – pecah.

Caranya masukan dua sendok makan baking soda kedalam baskom yang berisi air hangat, tambahkan essential oil jika kamu suka efek relaksasi. Rendam kaki selama kurang lebih 10 menit.

Setelah itu scrublah kaki yang bagian mengeras atau pecah pecah dengan menggunakan satu sendok makan baking soda yang ditambahkan satu sendok makan brown sugar dan air seceukupnya. Scrub ini bertujuan mengangkat sel kulit mati yang membuat kaki menjadi keras dan tebal.

Setelah melakukan scrub dan sudah dicuci bersih, oleskan body butter pada kaki dan kemudian membungkusnya dengan handuk hangat selama 15 menit. Lakukan hal ini 2 kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai bahan alami yang membantu menyehatkan rambut. Namun tak hanya itu loh! Lidah buaya juga ternyata membantu memperbaiki kulit kaki yang pecah.

Caranya siapkan satu baskom air hangat kemudian tambahkan air garam sebanyak satu sendok makan dan rendamlah kaki selama 15 menit. Setelah itu, angkat kaki kemudian gosok menggunakan kain handuk hangat selama kurang lebih 5 menit. Lalu, rendam kembali kaki selama 20 menit ke dalam baskom yang berisi air hangat, ½ lemon,1 sendok teh minyak pohon teh, 1 sendok makan sari cuka apel dan 2 sendok makan gel lidah buaya.

Banyak Konsumsi Air Putih

Banyak Konsumsi Air Putih

Ketika tubuh tidak cukup terhidrasi, tak hanya mulut dan tenggorokan saja yang terasa kering, namun kulit juga akan kering. Jika banyak mengkonsumsi air putih, tubuh akan lebih sehat dan kulit juga sehat.

Oleh karena itu wajib mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya, untuk menghilangkan kaki yang pecah – pecah dengan cepat dan alami dengan sangat simple.

Dengan menggunakan cara diatas, kaki pecah – pecah akan membaik dalam beberapa hari. Namun, segera periksakan ke dokter apabila kondisi kaki pecah – pecah masih berlanjut.