Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Berlebihan

Posted on

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan itu pada dasarnya bisa dilakukan dengan dua pilihan. Cara pertama dengan memakai produk perawatan rambut seperti shampo, hair tonic, vitamin, dan serum. Sedangkan cara kedua dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kalau saran saya sih, sebaiknya kamu mengatasi rambut rontok secara alami saja. Bukan apa-apa, karena bahan alami tentunya memberikan keamanan yang lebih terjamin, hasil maksimal, dan harga yang lebih terjangkau.

Tanpa banyak basa-basi, langsung saja disimak bagaimana cara mengatasi rambut rontok berlebihan dan kering berikut ini. Cara dibawah bisa diterapkan oleh pria dan wanita ya guys.

Apa yang menyebabkan rambut rontok berlebihan?

Cara mengatasi rambut rontok

Oh iya, sebelum masuk ke pembahasan intinya mari kita cari tahu dahulu beberapa faktor yang menyebabkan rambut rontok berlebihan. Berikut ini rinciannya:

  • Asupan gizi yang buruk.
  • Menjalani proses kimia secara berlebihan di salon.
  • Pengobatan kanker.
  • Stress berat.
  • Beberapa penyakit tertentu ( Trikotilomania, Telogen Effluvium, serta infeksi kulit kepala).

Teh Hijau

penyebab rambut rontok

Teh hijau adalah bahan alami pertama yang bisa membantu kamu mengatasi rambut rontok berlebihan. Bahkan, teh hijau juga bisa membantu kalian mencegah rambut pecah-pecah, menjadikan rambut lebih bersinar, melindungi kulit kepala dan rambut dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Cara menerapkannya cukup mudah kok, kamu tinggal merebus 3 kantong teh hijau, kemudian menggunakan air rebusannya untuk membilas rambut. Lakukan perawatan rambut ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Neem

rambut rontok

Neem atau nimba merupakan daun yang banyak ditemui di India, daun ini menawarkan segudang manfaat baik untuk kesehatan rambut. Neem sudah terbukti efektif dalam membunuh kutu dan bakteri yang ada di rambut, sehingga membuat rambut lebih bersih dan sehat.

Selain itu, Neem juga ampuh dalam mengatasi rambut rontok berlebihan, dengan cara meningkatkan aliran darah yang menuju ke kulit.

Cara penggunaan daun nimba sangatlah mudah, kalian tinggal merebus beberapa lembar daun nimba dan air secukupnya. Tunggu sampai air berubah warna, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci rambut.

Lakukanlah perawatan rambut secara alami dengan daun nimba ini sebanyak 1x dalam seminggu. Perawatan ini juga bisa membantu mengusir ketombe dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Bagaimana, banyak sekali bukan manfaat yang diberikan oleh daun nimba untuk rambutmu?

Minyak Esensial

rambut rontok berlebihan

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan selanjutnya adalah dengan memakai minyak esensial. Beberapa jenis minyak esensial yang sudah terbukti ampuh dalam mengurangi rambut rontok yaitu minyak kelapa, minyak wijen, dan minyak zaitun.

Caran penggunaannya juga cukup mudah kok, pertama-tama siapkan minyak esensial yang ingin kamu gunakan. Setelah itu oleskan ke rambut secara merata, sembari melakukan gerakan memijat secara perlahan di kepalamu. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu agar hasil yang diberikan bisa lebih maksimal.

Jahe

cara agar rambut tidak rontok

Mungkin hanya sedikit saja orang yang mengetahui, apabila jahe adalah bahan alami terbaik untuk membantu menumbuhkan rambut dan menjadi rahasia rambut indah kebanyakan orang di luar sana.

Minyak jojoba dan jahe merupakan kombinasi sempurna untuk melancarkan sirkulasi darah, yang pada akhirnya akan merangsang folikel rambut agar bisa melangsungkan pertumbuhan rambut baru yang sehat. Tidak hanya itu, jahe juga mengandung asam lemak yang bermanfaat untuk melebatkan rambut.

Ada dua macam pemanfaatan jahe untuk mengatasi masalah rambut. Berikut ini selengkapnya:

Penggunaan jahe untuk melebatkan rambut

  • Siapkan 1 buah jahe dan 1 sendok teh minyak jojoba. Silahkan kupas dan parut jahe.
  • Campurkan minyak jojoba dan parutan jahe ke dalam satu wadah, aduk-aduk sampai merata.
  • Oleskan ke seluruh kulit kepala, sambil dipijat halus.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan shampo.

Penggunaan jahe untuk mengatasi rambut rontok berlebihan

  • Siapkan 1 buah jahe, kupas dan parut sampai halus. Jika memungkinkan, silahkan blender.
  • Oleskan pada rambutmu secara merata, sambil memberikan pijatan halus.
  • Diamkan selama 15 menit, silahkan bilas rambut menggunakan air bersih.

Tambahan: Bagi kalian yang sedang mencari cara mengatasi rambut rontok dan kering, silahkan kombinasikan saja jahe dan minyak jojoba. Minyak jojoba diketahui memiliki sifat melembapkan, sehingga sangat ampuh dalam memperbaiki rambut yang rusak dan kering.

Buah Alpukat

atasi rambut rontok

Jika dipostingan sebelumnya buah alpukat dimanfaatkan untuk memutihkan wajah secara alami, kini kita akan menggunakan alpukat untuk mengatasi rambut rontok berlebihan dan ketombe yang mengganggu.

Buah alpukat diketahui kaya akan kandungan lemak baik dan protein. Protein didalam buah alpukat berfungsi untuk memberikan nutrisi baik bagi rambut, menguatkan rambut, dan merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat.

Cara penggunaan juga sangat sederhana, pertama-tama siapkan 1 atau 2 buah alpukat. Silahkan blender sampai halus, jika tidak punya mungkin bisa juga ditumbuk. Jika sudah selesai, oleskan buah alpukat itu di rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan shampo.

Bawang Putih

rambut rontok dan kering

Cara mengatasi rambut rontok berlebihan kali ini bisa dikatakan unik, karena kita akan memanfaatkan bawang putih yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan. Bawang putih diketahui mengandung kalsium, sulfur, dan zinc yang bagus untuk kesehatan rambut.

Kandungan Vitamin C pada bawang putih berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, sehingga menjaga kesehatan rambut dengan baik. Ada juga kandungan antioksidan yang bermanfaat memaksimalkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut rontok.

Cara penggunaannya kamu tinggal menghaluskan bawang putih secukupnya, kemudian gunakan sebagai masker rambut. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan shampo. Pastikan kamu membersihkannya dengan baik, agar tidak menyisakan bau tak sedap.

Kemiri

mencegah rambut rontok

Selain menggunakan lidah buaya, cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang satu ini juga cukup populer dikalangan masyarakat. Sudah sejak lama, kemiri menjadi bahan alami yang diandalkan untuk menjaga kesehatan rambut.

Kemiri bermanfaat untuk membantu rambut lebih hitam, lebih kuat, dan tumbuh lebih cepat. Oleh karena itu, kamu wajib banget mencoba tips kali ini ya.

Pertama-tama, silahkan sangrai kemiri yang sebelumnya sudah ditumbuk kasar. Jika sudah disangrai, tumbuh kemiri hingga halus dan mengeluarkan minyak. Oleskan minyak kemiri tadi ke rambutmu secara merata, diamkan selama 10 menit. Setelah selesai, segera bilas dengan shampo sampai bersih.

Yogurt

akibat rambut rontok

Sedang mencari cara mengatasi rambut rontok dan kering? Maka yogurt bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Cara menggunakannya sangatlah mudah dan cepat. Kamu hanya perlu mengoleskan yogurt pada rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu cuci sampai rambutmu benar-benar bersih.

Jika ingin mendapat hasil lebih maksimal, lakukanlah perawatan rambut alami ini minimal 2-3 kali dalam satu minggu.

Baiklah, mungkin cukup sampai disini dulu postingan saya mengenai 8 cara mengatasi rambut rontok berlebihan dengan mudah dan cepat. Kira-kira, mana sih bahan alami yang ingin kamu gunakan?