8 Cara Mengatasi Perut Kembung Terus Menerus yang Sudah Terbukti Ampuh

Posted on

Belum banyak yang mengerti, ternyata ada beberapa cara mengatasi perut kembung dengan mudah dan sudah terbukti efisien. Anda tidak membutuhkan alat medis khusus untuk mengobati perut kembung. Cukup memanfaatkan bahan-bahan alami di rumah, perus bisa kembali normal dan terasa nyaman.

Perut kembung adalah permasalahan yang disebabkan peningkatan diameter di area perut. Kondisi ini membuat perut terasa penuh dan sakit. Perut kembung biasa terjadi pada bayi, anak-anak, dewasa dan bahkan orang tua.

Perut kembung terus menerus dan disertai mual, biasa merupakan pertanda masuk angin atau karena maag. Apapun permasalahan Anda, silahkan langsung disimak beberapa tips dan cara mengobati perut kembung tanpa obat dokter berikut.

Kompres dengan air panas

Kompres dengan air panas

Ketika perut kembung dan terasa agak mual, sebaiknya segera kompres dengan air panas. Caranya pun juga sangat mudah.

Langkah pertama masak air terlebih dahulu. Kemudian siapkan washlap dan basahi dengan air panas. Kemudian letakkan washlap tersebut di atas perut dan diamkan selama 10 – 15 menit.

Selain menggunakan washlap, dapat juga menggunakan botol. Lebih baik gunakan botol kaca, namun jika tidak tersedia botol kaca, dapat menggunakan botol plastik yang tebal.

Untuk penggunaan botol, hanya masukan air panas ke dalam botol. Lalu balut dengan kain, supaya tidak terasa terlalu panas. Kemudian letakkan botol tersebut di atas perut.

Suhu panas dapat melebarkan pembuluh darah. Hal ini membuat aliran darah pada pembuluh berjalan dengan lancar. Sehingga otot pada perut menjadi lebih lentur dan rilexs. Cara mengatasi perut kembung satu ini wajib Anda coba.

Memijat perut

Memijat perut

Dengan memijat perut, dapat membantu dalam melancarkan proses pencernaan. Hal ini membuat berbagai macam isi dalam perut dapat dicerna dengan baik.

Untuk memijat perut dengan efektif gunakan minyak kayu putih / balsem. Hal ini dapat membuat perut menjadi lebih hangat. Sehingga peredaran darah pun menjadi lebih lancar.

Cara mengatasi perut kembung dengan memijat sangatlah mudah. Namun, agar pijatan Anda bisa lebih bermanfaat dan ampuh, bisa mencoba beberapa tips berikut:

  • Letakkan kedua tangan pada bagian tulang atas pinggul kanan.
  • Pijatlah secara perlahan – lahan. Gerakan memijatnya adalah gerakan memutar.
  • Arahkan pijatan di atas perut, lalu menuju ke tulang rusuk kiri.
  • Ulangi arah pijatan tersebut hingga kondisi perut menjadi lebih elastis dan tidak membesar.

Perbanyak minum

Perbanyak minum

Perut kembung adalah pertanda jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak dicerna dengan baik. Kekurangan asupan air bisa membuat kondisi Anda semakin parah. Oleh sebab itu, cara mengatasi perut kembung selanjutnya adalah dengan memperbanyak minum air putih.

Siapkan beberapa gelas air putih, kemudian minum. Tambahkan sedikit lada hitam atau jeruk limau. Air putih berkhasiat untuk menjaga keseimbangan natrium di dalam tubuh.

Mengurangi asupan serat

Mengurangi asupan serat

Mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah salah satu pola hidup sehat. Namun hal itu tidak berlaku ketika Anda sedang mencari cara mengatasi perut kembung. Sebab, makanan berserat tinggi membuat produksi gas semakin meningkat.

Salah satu makanan yang dikategorikan berserat tinggi adalah roti gandum utuh. Tipsnya adalah dengan mengonsumsi sedikit serat dan mengunyah secara perlahan.

Makan pelan-pelan

Makan pelan-pelan

Selain menghindari makanan berserat tinggi, Anda yang sekarang sedang mengalami gangguan perut kembung juga dianjurkan supaya makan secara perlahan. Ini adalah langkah penting supaya kondisi Anda tidak semakin parah.

Pasalnya, jika makan terlalu cepat hal itu bisa membuat semakin banyak udara yang masuk ke dalam sistem pencernaan. Pada akhirnya, kondisi ini menyebabkan perut begah, terasa penuh dan kembung.

Supaya terhindar dari perut kembung, biasakan untuk makan sampai benar-benar halus. Membuat pencernaan sehat dan terhindar dari beragam masalah.

Batasi porsi makan

Batasi porsi makan

Entah disadari atau tidak, ternyata aktifitas makan bisa membuat kita mengalami masalah perut kembung. Jika sebelumnya salah ketika mengunyah makanan, sekarang berhubungan dengan porsi.

Porsi makan dalam jumlah besar ternyata tidak hanya membuat kenyang, namun juga bisa memicu terjadinya begah, kembung dan perut penuh. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membatasi porsi untuk sekali makan.

Bagaimana jika sedikit makan terasa kurang? Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa menyiasatinya dengan memperbanyak frekuensi. Jadi, porsinya lebih kecil dan frekuensi semakin banyak.

Semisal, Anda biasa makan 3 kali dengan porsi besar. Sekarang bisa diganti menjadi 6 kali dengan porsi setengahnya. Ini membuat sistem pencernaan tetap terjaga.

Olahraga

Olahraga

Jika perut Anda mulai terasa begah dan tidak nyaman, cara mengatasi perut kembung yang paling mudah sekaligus efektif adalah segera bangkit dari tempat tidur. Berjalan kaki di sekitar rumah selama 10-15 menit.

Olahraga ringan seperti ini bermanfaat untuk membantu melemaskan otot-otot usus. Otot usus yang mengendur bisa membuat kinerjanya lebih lancar. Sehingga, kelebihan gas di dalam perut bisa segera dikeluarkan dari tubuh.

Tidak hanya itu, olahraga ringan juga bisa membantu Anda melancarkan pembuangan tinja atau feses.

Buang kebiasaan buruk

Buang kebiasaan buruk

Cara mengatasi perut kembung yang terakhir adalah mengindari rokok, makan gorengan dan kebiasaan kurang menyehatkan lainnya. Rokok harus dijauhi karena bisa menambah gas di dalam perut. Lho kok bisa? Sebab, asap rokok itu sama saja udara.

Ketika Anda merokok dan menelan asapnya, itu sama dengan menambah jumlah udara di dalam tubuh. Selain itu, asap rokok juga bisa memicu terjadinya iritasi pencernaan.

Gorengan dihindari karena mengandung banyak lemak, sehingga bisa membuat pencernaan melambat. Ini berakibat pada menumpuknya lebih banyak gas di dalam perut.

Macam – Macam Makanan Dan Minuman Pemicu Perut Kembung

Cara mengatasi perut kembung

Cara mengatasi perut kembung tidak hanya sebatas menggunakan air panas dan pijat saja, ternyata masih ada langkah lain yang harus dilakukan. Langkah tersebut adalah menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu perut kembung. Minuman tersebut antara lain :

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi mempunyai resiko penyebab perut kembung terbesar. Minuman ini mengandung karbondioksida yang dapat memicu timbulnya gelembung – gelembung kecil dalam perut. Hal ini membuat perut mengalami penumpukan gas yang dapat membuat perut menjadi kembung seperti balon.

Bir

Minuman beralkohol ini dapat menjadi pemicu terbesar atas perut kembung. Minuman tersebut juga terdapat kandungan yang hampir sama dengan minuman berkarbonasi. Sedangkan kandungan alkohol yang mempunyai sifat panas dapat menyebabkan gastritis / peradangan pada lambung.

Minuman khusus untuk diet

Minuman diet umumnya mengandung zat gula sucralose, aspartame serta cyclamate. Kandungan gula tersebut memang dapat menekan nafsu makan karena membuat perut kenyang lebih lama. Tetapi kandungan tersebut merupakan suatu zat yang sulit dicerna lambung. Sehingga membuat kandungan zat tersebut mengalami penumpukan pada lambung yang dapat memicu perut kembung.

Itulah cara mengatasi perut kembung dengan mudah, praktis dan efektif. Serta sebaiknya kurangi konsumsi minuman yang dapat memicu perut kembung.