Cara Mengatasi Keputihan Abnormal dan Berbau, Dengan Bahan Alami Tanpa Obat

Posted on

Bagaimana cara mengatasi keputihan yang berlebihan? Ini adalah jenis pertanyaan hampir semua wanita. Mulai dari remaja, wanita hamil muda dan orang dewasa. Bicara tentang keputihan, sebenarnya menjadi hal yang umum dan hampir dirasakan oleh semua wanita di seluruh dunia.

Namun akan sangat berbahaya jika keputihan tersebut terjadi setiap hari sehingga menyebabkan daerah kewanitaan merasakan gatal-gatal dan bau yang tidak sedap. Kondisi tersebut sudah bisa dikategorikan abnormal.

Bagi Anda yang sedang mengalaminya, bisa segera mempraktekkan beberapa cara mengatasi keputihan secara alami berikut, supaya tidak terlambat. Daripada terus menerus minder karena khawatir orang di sekitar mencium baunya, bukankah lebih baik melakukan pencegahan.

Bagaimana caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Keputihan Berbau yang Paling Umum

Penyebab Keputihan

Sebelum menyimak bagaimana cara mengatasi keputihan secara alami yang biasa anda lakukan di rumah, tidak ada salahnya Anda memahami terlebih dahulu beberapa penyebab keputihan.

Virus

Pertama, ada infeksi virus yang bisa membuat Anda mengalami keputihan. Keputihan akibat infeksi virus sering terjadi pada wanita hamil dan bisa memicu masalah lebih serius, yaitu kanker rahim, herpes, HIV/AIDS dan condyloma.

Parasit

Keputihan yang dipicu oleh parasit ditandai dengan lubang vagina terasa nyeri ketika ditekan. Parasit bernama trichomonas vaginalis biasa ditularkan lewat pakaian dalam, perlengkapan mandi, hubungan seks dan bibir kloset.

Tanda-tanda lainnya adalah cairan keputihan berwarna kuning, sangat kental, bau anyir dan berbuih. Cara mengobati keputihan akibat parasit ini biasa memanfaatkan daun jambu.

Bakteri

Faktor penyebab keputihan berbau dan terasa gatal berikutnya adalah karena serangan bacterial vaginosis. Ini ditandai dengan berair, warna cairan keabuan, berbau amis dan berbuih. Bakteri seperti itu biasa muncul ketika pemakaian alat KB spiral, sering gonta-ganti pasangan dan ketika kehamilan.

Jamur

Yang terakhir, keputihan bisa juga dipicu oleh candida albicans. Jamur ini membuat sekitar vagina atau vulva terasa gatal. Ditandai dengan warnanya putih susu, berbau agak keras, kental dan kemaluan gatal.

Keputihan akibat jamur biasa terjadi pada wanita hamil, penggunaan pil KB, penyakit kencing manis dan daya tahan tubuh lemah.

Cara mengatasi Keputihan Secara Alami Tanpa Obat Dokter

Cara mengatasi Keputihan

Buat anda yang sudah penasaran dan ingin tau bagaimana cara mengatasi keputihan dengan baha alami tanpa obat dari dokter ??? langsung saja kita sima ulasan singkat yang bermanfaat dibawah ini.

Bawang Putih

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengetahui bahwa bawang putih merupakan salah satu resep herbal yang sudah turun temurun. Banyak orang percaya bahwa di dalam bawang putih terkandung zat-zat yang bersifat antibakteri dan juga anti jamur. Mengkonsumsi bawang secara rutin dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri masuk pada area miss V.

Kunyit

Selain bawang putih, kunyit ternyata juga mengandung zat anti-bakteri yang dapat membantu menghilangkan keputihan yang berlebihan atau membandel. Cara mengkonsumsi nya pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengkonsumsi perasan kunyit yang telah diparut secara rutin.

Daun Sirih

Selanjutnya, bahan alami yang juga dipercaya dapat mengatasi masalah keputihan adalah daun sirih. Manfaat dan keampuhan daun sirih untuk masalah kewanitaan memang sudah sangat terkenal. Buktinya, semakin banyak produk pembersih bagian kewanitaan yang menggunakan ekstrak sirih.

Zat yang terkandung dalam daun sirih juga bersifat anti jamur dan antibakteri. Sehingga cara mengatasi keputihan alami satu ini wajib banget untuk dicoba.

Daun Sambiloto

Satu lagi bahan alami yang juga sering digunakan untuk menghilangkan keputihan adalah daun sambiloto. Untuk cara menggunakannya sendiri hampir sama dengan cara menggunakan daun sirih. Anda hanya perlu merebus daun sambiloto dengan menggunakan air kemudian diminum secara rutin.

Lidah Buaya

Lidah buaya mungkin lebih populer sebagai bahan alami yang berguna untuk merawat rambut agar tetap sehat dan kulit wajah cantik. Namun tahukah Anda, lidah buaya ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah kewanitaan lho.

Sebab, lidah buaya terbukti efektif dalam membantu mencegah keluarnya cairan abnormal dan meredam jaringan rahim. Untuk cara mengatasi keputihan dengan lidah buaya, silahkan ikuti tutorial berikut:

  • Ambil lidah buaya, 1-2 batang dan kupas
  • Blender gelnya
  • Rebus dengan air secukupnya dan 30 gram daun sambiloto
  • Minum ramuan selagi hangat
  • Lakukan secara rutin 2 kali sehari

Delima Kering

Selain konsultasi dengan dokter spesialis dan melakukan sejumlah perawatan medis, tidak ada salahnya Anda juga mencoba beberapa metode tradisional. Salah satu cara mengatasi keputihan di rumah adalah memanfaatkan buah delima kering.

Buah delima yang lezat dan ranum ini ternyata juga mengandung banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Ini dia cara penggunaanya:

  • Siapkan 30 gram sambiloto dan 30 gram kulit delima
  • Rebus dengan 600 cc air, tunggu sampai tersisa hanya 300 cc
  • Saring dan minum air rebusan selagi hangat
  • Lakukan secara rutin sehari dua kali

Daun Jambu Biji

Ingin mengetahui cara menghilangkan keputihan secara alami tanpa obat yang tidak kalah ampuh? Kalau begitu coba deh membuat teh dari daun jambu biji. Metode ini sangatlah cocok untuk mengatasi jenis keputihan berwarna kehijauan dan berbau busuk.

Cara membuat obat keputihan herbal dari daun jambu biji:

  • Rebus 1 liter air, tunggu sampai benar-benar mendidih
  • Angkat dan matikan api
  • Siapkan 30 gram daun jambu biji, bersihkan dan masukkan ke dalam air rebusan
  • Diamkan selama 5 menit dan saring
  • Basuhkan teh daun jambu biji pada kemaluan
  • Lakukan rutin 2-3 kali sehari

Pisang

Pisang adalah pilihan terakhir bagi Anda yang sedang mencari cara mengatasi keputihan secara alami. Pisang dipilih karena mengandung serat tinggi, sehingga berguna banget untuk mengurangi rasa gatal akibat keputihan.

Cara penggunaan mudah, Anda hanya perlu menumbuk buah pisang, mencampurkan dengan dua sendok makan madu dan oleskan ke area keputihan. Lakukan metode ini sebanyak dua kali sehari.

Cara Menghindari Keputihan Tidak Normal

Cara Menghindari Keputihan

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi keputihan tidak normal, maka selanjutnya lakukan beberapa hal untuk menghindari keputihan tidak normal. Nah berikut ini akan sedikit dijabarkan beberapa cara menghindari keputihan yang tidak normal.

  1. Jaga agar daerah miss V tetap kering dan juga tidak lembap.
  2. Sebaiknya untuk menggunakan cairan pembersih vagina yang tepat ketika membersihkan daerah kewanitaan. Cairan pembersih yang dimaksud merupakan cairan yang tidak berisiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya.
  3. Hindari untuk menggunakan parfum dan juga bedak pada vagina. Hal tersebut karena penggunaan parfum dan juga sabun dapat merusak keseimbangan bakteri dan jamur pada vagina.
  4. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan nutrisi yang seimbang.
  5. Hindari terlalu sering berendam dengan menggunakan air panas, karena hal tersebut dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal atau berlebihan.

Demikian sedikit ulasan tentang cara mengatasi keputihan dengan cara yang alami. Apabila setelah mengobatinya dengan bahan-bahan alami tetap menunjukkan perubahan, maka pastikan untuk segera mengkonsultasikannya ke dokter. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu Anda.

Jika merasa bermanfaat, jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-teman Anda di sosial media. Terimakasih atas dukungannya.