Cara Mengatasi Batuk Dengan Bahan Alami

Posted on

Cara Mengatasi Batuk – Batuk kering ataupun batuk berdahak tentunya sangat mengganggu sekali. Terlebih lagi jika terus menerus terjadi dan bahkan pada malam hari. Terkadang kala kamu sedang enak – enak tidur dan beristirahat malah terganggu dengan batuk. Oleh karena itu kamu harus melakukan sesuatu agar batukmu reda.

Menurut seorang dokter spesialis menular di Georgia Infecrious Diseases pc, dia berkata kenapa batuk dimalam hari malah berlebih karena pada saat berbaring lender ditenggorokan akan semakin menumpuk. Oleh karena itu, batukpun kerap muncul pada malam hari.

Selain itu, udara kamar yang kering akan memperburuk hidung dan tenggorokan yang sudah mengalami iritasi. Namun yang sebenarnya terjadi batuk adalah cara tenggorokan membersihkan saluran nafas dari zat – zat yang asing. Namun walaupun begitu tetap saja sangat mengganggu. Berikut cara mengatasi batuk dengan cepat yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Mengkonsumsi Banyak Cairan

Mengkonsumsi Banyak Cairan

Batuk disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau jamur yang menyerang saluran pernafasan. Kondisi ini juga disebabkan oleh penyakit filek dan flu. Nah, oleh karena itu perlu untuk diatasinya dengan memperbanyak mengkonsumsi cairan seperti : air putih hangat dan lain sebagainya yang mengandung cairan yang membuat kerongkongan akan terasa terus menerus hangat.

Meminum Teh Dan Madu

Meminum Teh Dan Madu

Saat kamu sedang mengalami sakit tenggorokan, jangan langsung minum obat. Kamu bisa mencoba untuk meredakannya dengan menggunakan teh dan madu.

Cara membuatnya : Untuk mendapatkan manfaat vitamin dan mineral yang alami sebaiknya gunakan madu local. Campurkan madu local dengan teh hangat dan minum selagi hangat.

Kumur – Kumur Dengan Air Garam

Kumur – Kumur Dengan Air Garam

Penyedap makanan yang pasti ada di dapur ini juga dijadikan obat batuk loh! Berkumur dengan air garam akan membantu membilas virus yang menempel.

Cara membuatnya pun terbilang cukup mudah, hanya dengan mencampurkan segelas air hangat dengan setengah sampai satu setengah sendok makan garam. Kemudian aduk hingga rata dan kumur klumur dengan larutan itu.

Ketika kamu sedang berkumur – kumur, pastikan kepala kamu menengadah kebelakang supaya larutan tersebut mencapai bagian mulut dalam. Setelah beberapa detik buang larutan tersebut. Namun, larutan ini jangan sampai tertelan yaa. Karena banyak mengkonsumsi garam juga tidak akan baik untuk Kesehatan ginjal kamu.

Memakan Nanas

Memakan Nanas

Buah nanas tidak hanya enak dijadikan jus, pelengkap rujak atau penyedap dalam masakan. Buah nanas ini juga bisa dijadikan obat batu alami loh! Namun sayangnya, banyak yang percaya jikan memakan buah nanas akan membuat lidah menjadi gatal.

Nanas bisa menjadi obat batuk alami karena mengandung bromelain yang kaya akan senyawa antiinflamasi yang bersifat mukolitik yakni dapat memecah lender yang mengeluarkannya dari tubuh.

Kamu bisa memanfaatkan buah nanas ini sebagai obat batuk alami dengan cara dibuat jus dan meminumnya dengan rutin. Namun, jika kamu menggunakan antibiotic atau obat lainnya. Sebaiknya hindari memakan buah nanas.

Pelembap Udara

Pelembap Udara

Selain karena adanya virus, batuk muncul diakibatkan oleh kualitas udara yang buruk. Udara yang kering akan menyebabkan anda terus menerus batuk.

Oleh karena itu, kamu juga perlu untuk menjaga kelembapan ruanganmu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan humidifier supaya uap udara yang dihasilkan tetap bersih dan terhindar dari jamur.

Jehe Dan Madu

Jehe Dan Madu

Musim hujan seperti sekarang ini membuat daya tahan tubuh melemah dan mudah terserang masalah kesehatan seperti batuk dan pilek. Walaupun batuk pilek merupakan kondisi yang normal, namun jika tak segera diobati akan mengganggu aktivitas sehari – hari.

Salah satu obat herbal yang biasa jadi andalan ialah jahe dan madu. Caranyapun terbilang mudah cukup meminum rebusan air jahe yang telah dicampur madu. Nutrisi yang terkandung dalam jahe membantu menghangatkan dan membunuh bakteri di tubuh penyebab flu. Sedangkan madu mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan system kekebalan tubuh dan membuat tubuh akan terasa lebih sehat.

Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Merokok sudah banyak diketahui dapat mengganggu system pernapasan dan dapat menyebabkan batuk. Hal ini sebenarnya wajar karena merupakan cara alami tubuh membersihkan bahan – bahan kimia yang masuk kesaluran udara dan paru – paru karena menghisap rokok.

Oleh karena itu berhenti merokok untuk beberapa saat untuk membantu mempercepat penyembuhan batuk.

Mengkonsumsi Bawang Putih

Mengkonsumsi Bawang Putih

Bawang putih tak hanya dikenal sebagai penyedap makanan saja, tapi dikenal juga sebagai obat untuk berbagai penyakit salah satunya adalah untuk meredakan batuk.

Kandungan pada bawang putih dapat mempercepat tubuh untuk pulih dari flu atau pilek dan batuk karena kandungan allicin yang ada didalamnya.

Senyawa allicin didalamnya membantu membunuh bakteri yang mengakibatkan produksi lender berlebihan disaluran pernafasan. sifat antimikroba dan antiradang pada bawang putih dipercaya membantu memulihkan batuk.

Makanan Probiotik

Makanan Probiotik

Makanan probiotik juga bermanfaat untuk meredakan batuk. Namun, cara kerja makanan probiotik ini tidak secara langsung memberikan efeknya. Bakteri – bakteri baik yang ada didalamnya lah yang akan membantu meningkatkan system imun dalam tubuh kita.

Itu artinya, sistem imun kamu akan lebih unggul dalam melawan infeksi virus yang sedang menyerang tubuh kamu.

Makanan probiotik itu bisa kamu temukan pada: yougurt plain, kefir (minuman fermentasi susu kambing), kimchi (makanan permentasi sawi putih), tempe, saurkraut (makanan fermentasi kol) atau sup miso (sup yang campuran rumput laut, kaldu ikan dan potongan tahu).

Itulah cara mengatasi batuk dengan menggunakan bahan alami yang telah kami ulaskan untuk kamu dirumah. Selain alami bahan – bahan yang ditulis diatas sangat tidak asing dalam kehidupan kita sehari – hari, sehingga tidak sulit ditemukan.