Profil dan Biodata Ayu Ting Ting Terlengkap yang Jarang di Ketahui

Posted on

Biodata Ayu Ting Ting yang selama ini kita kenal sebagai sosok ceria disetiap kesempatan, ternyata menyimpan kisah perjuangan hidup cukup panjang. Sebelum dikenal sebagai seorang penyanyi, presenter dan komedian kondang seperti sekarang, pelantun lagu Sambalado itu memiliki jalan berliku yang tidak mudah untuk dilalui.

Bukan hanya sekedar perjuangan dalam meniti karir, kisah asmara Ayu yang gencar diberitakan media juga berhasil menarik perhatian seluruh lapisan masyarakat. Seiring dengan kepopulerannya, biodata Ayu Ting Ting ikut mengundang rasa penasaran banyak pihak.

Di usia yang masih sangat belia, Ayu Ting Ting sudah akrab dengan musik dangdut, padahal umurnya baru 4 tahun. Mengawali karir sebagai penyanyi elektone, ibu dari Bilqis ini mengaku pernah menangis saat pertama kali di sawer.

Ingin mengetahui lebih banyak kisah hidup sahabat Raffi Ahmad satu ini? Kalau begitu silahkan simak ulasan selengkapnya berikut.

Biodata Ayu Ting Ting

Biodata Ayu Ting Ting
  • Nama Asli : Ayu Rosmalina
  • Nama Populer : Ayu Ting Ting
  • Tempat, Tanggal Lahir : Depok, 20 Juni 1992
  • Agama : Islam
  • Kewargaan : Indoensia
  • Pekerjaan : Penyanyi, Presenter
  • Hubungan : Assyifa Nuraini (adik)
  • Anak : Bilqis Khumairah Razak
  • Orang Tua : Abdul Rozak (Ayahanda) dan Umi Kalsum (Ibunda)

Keluarga dan Pendidikan

Biodata Ayu Ting Ting Terlengkap

Ayu Rosmalina, begitulah nama yang diberikan oleh Abdul Rozak dan Umi Kulsum untuk putri cantiknya. Ayu Ting Ting lahir pada tanggal 20 Juni 1992, di Depok. Saat ini usia Ayu berarti sudah 27 tahun (2019).

Ayah Ayu Ting Ting, Abdul Rozak adalah seorang PNS yang bertugas di Kota Depok. Sementara itu, Umi Kulsum, ibunda tercinta merupakan mantan penyanyi. Itulah mengapa Ayu sudah familiar dengan musik dangdut sejak masih belia.

Bicara soal pendidikan, di biodata Ayu Ting Ting dijelaskan apabila ia lulusan Universitas Guna Dharma Depok. Semasa kuliah, Ayu mengambil jurusan manajemen. Pasti belum banyak yang mengetahui fakta ini bukan?

Di usia yang memasuki usia kepala tiga, Ayu sudah diberkahi seorang putri imut dan menggemaskan bernama Bilqis Khumairah Razak. Bilqis merupakan anak dari Enji, sekarang berstatus mantan suami Ayu.

Sederet Prestasi Ayu Ting Ting

Prestasi Ayu Ting Ting

Kesuksesan Ayu Ting Ting di dunia tarik suara, ternyata tidak lepas dari perang sang ibunda. Sebagai seorang penyanyi, Umi Kulsum sering mengajak putrinya menghadiri hajatan atau acara lain di kawasan Depok dan sekitar setiap kali manggung. Dari sinilah Ayu Ting Ting mulai akrab dengan musik dangdut.

Setelah menginjak usia ke 14 tahun, Ayu bersama Umi Kulsum sudah sering manggung bersama disejumlah hajatan. Kala itu, Ayu Ting Ting mendapat gaji sebesar Rp. 250.000 per penampilan. Uang yang terhitung sangat besar untuk ukuran bocah SMP.

Berawal dari sinilah, Ayu terus menerus mengembangkan bakatnya dengan penuh semangat di dunia musik dangdut. Pelajaran penting nih, jika Anda memiliki impian besar maka jangan ragu-ragu memulai dari satu langkah kecil. Nggak rugi kan membaca biodata Ayu Ting Ting?

Perjalanan Ayu berlanjut dengan bergabung ke dalam grup organ tunggal. Ibunda Bilqis ini aktif menyanyi dari satu panggung ke panggung lain untuk mengais pundi-pundi rupiah sekaligus mengasah talentanya.

Sebagai penyanyi dangdut, Ayu Ting Ting tentu tidak pernah luput dari yang namanya saweran. Ia pun mengaku pernah menerima saweran di atas panggung. Karena baru pertama kali, Ayu sempat merasa kaget ketika disawer.

Apalagi tangannya kala itu dicium oleh salah seorang penonton. Sontak, kejadian ini langsung membuat Ayu menangis begitu tiba di rumah. Bahkan dirinya sempat ingin vakum dari dunia menyanyi karena merasa sangat kesal.

Seiring berjalannya waktu, saweran itu mulai berkurang. Jika Ayu saat itu benar-benar menyerah karena saweran, mungkin sampai sekarang kita tidak pernah mendengar lagu Sambalado kali ya.

Keinginan Ayu untuk berkecimpung di dunia entertaiment mendapat dukungan penuh dari sang ayah. Buktinya, Abdul Rozak bahkan membantu Ayu Ting Ting mendaftar ke ajang pemilihan gadis sampul. Meski pada akhirnya, di tahap seleksi Ayu harus tumbang.

Apakah ia menyerah? Tentu saja tidak. Demi cita-citanya dan karena memang Ayu Ting Ting hobi berpenampilan centil layaknya seorang model sungguhan, dirinya terus aktif mengikuti lomba fashion show. Berkat penampilannya yang bagus, ia sukses membawa pulang beberapa piala.

Masuk ke Industri Musik Indonesia Pada Tahun 2006

Profil Ayu Ting Ting

Ini dia salah satu fakta yang sangat jarang diketahui oleh hampir semua orang. Pasti banyak yang mengira jika Ayu memulai karier pada tahun 2011, padahal ia sudah merambah ke industri musik sejak tahun 2006. Jika tidak membaca biodata Ayu Ting Ting ini, Anda kemungkinannya juga tidak akan pernah tahu.

Meski dikenal publik di tahun 2011 lewat single Alamat Palsu, sebenarnya pada tahun 2006 lalu Ayu sudah meluncurkan album pertamanya bertajuk Goel Ajep-Ajep. Album ini berlabel Indie dan terdiri dari 11 lagu. Sebagai single utama yaitu lagu Ting Ting.

Bisa dibilang, album pertama Ayu masih belum berhasil melambungkan namanya. Belum banyak orang yang mengetahui siapa sosok Ayu Ting Ting.

Di tahun 2007, Ayu kemudian merilis single Alamat Palsu ciptaan Dadan Ind. Untuk mengenalkan kepada masyarakat luas, membutuhkan waktu lama dan proses panjang. Ayu Ting Ting mempromosikan lagu itu dari panggung ke panggung off air. Tidak sedikit pula yang meng-upload ke YouTube.

Karena lagu belum juga terkenal, pihak label Ayu Ting Ting bahkan pernah berencana ingin membuat grup dangdut trio. Kala itu kandidat anggotanya adalah Ayu Pusvita dan Ayu Ting Ting. Masih kurang satu lagi orang lagi, maka grup belum dibuat.

Selang empat tahun kemudian, tepat di tahun 2011 lagu Alamat Palsu yang dibawakan Ayu Ting Ting meledak luar biasa. Berbagai stasiun TV sibuk memperkenalkan lagu ini. Bahkan, komedian kondang seperti Sule dan Alm Olga Syahputra saat itu ikut meng-cover lagu Alamat Palsu.

Rencana pembuatan grup dangdut trio akhirnya gagal, karena Ayu Ting Ting sudah mulai disibukkan dengan jadwal manggung off air dan on air. Uang yang dikantongi Ayu ikut meningkat secara drastis. Bahkan, di biodata Ayu Ting Ting menjelaskan bahwa untuk sekali manggung ia bisa meraup sampai 30 juta.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan emas, single Alamat Palsu kemudian dirilis ulang di perempat tahun 2011. Hanya membutuhkan waktu sebentar, single itu dinobatkan sebagai lagung paling laris sepanjang tahun. Jumlah penjualan mencapai lebih dari 17,7 juta.

Untuk menancapkan namanya di panggung hiburan tanah air, Ayu Ting Ting kemudian merilis deretan lagu populer. Sebut saja Yang Sudah Ya Sudahlah, Minyak Wangi, Geboy Mujair, Sik Asik (2012), Gregetan (2013), Sambalado (2015) dan Kamu Kamu Kamu (2017).

Semua single tersebut membuat namanya kian melambung tinggi dan biodata Ayu Ting Ting berhias sejumlah penghargaan membanggakan. Seperti:

  • Penyanyi Solo Wanita Dangdut Kontemporer Terbaik 2013 di ajang Anugerah Musik Indonesia
  • Penyanyi Muda Terpopuler di MNCTV Dangdut Awards 2013
  • Penyanyi Dangdut Terdahsyat di Dahsyatnya Awards 2017
  • Alamat Palsu sebagai lagu terpopuler di tahun 2013
  • Penyanyi Solo Wanita Dangdut Kontemporer 2014
  • Hits Record Awards, berkat lagu Sambalado yang tembus 10 juta penonton dalam waktu 2 bulan

Biodata Ayu Ting Ting semakin membanggakan, karena lagu Kamu Kamu Kamu sukses mendapat 8 juta views dalam waktu 4 bulan. Kesuksesan yang dimulai dari nol sampai puncaknya memang terasa sangat manis.

Pertanyaannya, apakah Anda siap menjalani serangkaian proses dan menunggu cukup lama seperti Ayu?

Semoga ulasan singkat mengenai biodata Ayu Ting Ting ini bisa memberikan manfaat untuk Anda semua.