9 Cara Menghilangkan Karang Gigi Yang Bandel

Posted on

Menghilangkan Karang Gigi – Karang gigi merupakan plak atau sisa makanan yang sudah mengeras pada gigi. Karang gigi bisa menimbulkan bau mulut dan rasa kurang percaya diri untuk senyum menampakan gigi kamu. Oleh karenanya kamu perlu membersihkan karang gigi.

Karang gigi yang tidak cepat dibersihkan akan menyebabkan penyakit – penyakit gigi seperti radang gusi. Sebelum datang ke dokter untuk mendapatkan perawatan menghilangkan karang gigi, kamu bisa mencoba menghilangkannya terlebih dahulu dirumah dengan mudah dan tentunya hemat dikantong. Mau tahu gimana cara membersihkannya? Berikut adalah beberapa cara menghilangkan karang gigi yang bandel yang kami ulaskan untuk kamu dirumah.

Rutin Gosok Gigi

Rutin Gosok Gigi

Rutin gosok gigi masuk dalam daftar pertama sebagai cara menghilangkan karang gigi membandel. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan setiap orang minimal dua kali dalam sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar – benar bersih gosoklah gigi selama dua menit.

Banyak orang menyikat gigi sangat cepar, bahkan hanya dalam hitungan detik. Pedahal menyikat gigi dengan cepat tidak efektif menghilangkan kotoran dan plak.

Minum Air Putih Yang Cukup

Minum Air Putih Yang Cukup

Minum air putih yang cukup dapat membantu meningkatkan produksi air liur didalam mulut. Air liur sendiri berfungsi menjaga kelembapan mulut dan meluruhkan plak dan sisa makanan yang menempel pada permukaan gigi. Enzim yang terkandung pada air liur dapat membantu melawan bakteri penyebab infeksi dimulut.

Menggunakan Benang Gigi

Menggunakan Benang Gigi

Menyikat gigi hanya membersihkan permukaan gigi saja, tidak sampai menjangkau bagian terdalam sela – sela giginya. Pedahal plak biasanya sering ditemukan pada bagian sela – sela gigi atau gusi.

Maka, cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan plak dengan membersihkan sela – sela gigi menggunakan benang. Benang gigi sangat efektif membersihkan sela – sela dan bagian dalam gigi yang sulit dijangkau oleh bulu sikat. Selain itu, membersihkan gigi dengan benang juga membantu mengurangi resiko bau mulut dan penyakit gusi. Membersihkan gigi menggunakan benang ini idealnya dilakukan setelah menyikat gigi.

Baking Soda

Baking Soda

Baking soda mampu menghilangkan plak tanpa merusak enamel gigi kamu. Dalam sebuah study menunjukan jika pasta gigi yang mengandung baking soda lebbih efektif mengurangi jumlah plak.

Tak hanya itu, kandungan baking soda juga melindungi gigi dari kehilangan kalsium serta email. Ditambah lagi dengan kandungan antimikroba dalam baking soda membantu mencegah kerusakan gigi.

Obat Kumur

Obat Kumur

Berkumur dengan menggunakan obat kumur juga bisa jadi cara yang tepat menghilangkan karang gigi. Obat kumur membantu merontokkan plak, kotoran dan sisa – sisa makanan yang menempel dipermukaan gigi.

Selain itu, obat kumur juga membantu menyegarkan aroma pernapasan kamu dan oleh karenanya kamu akan terhindar dari bau mulut.

Hindari Merokok Dan Minum Alcohol

Hindari Merokok Dan Minum Alcohol

Selain menyebabkan resiko terganggunya kesehatan, merokok dan minum alcohol juga ternyata dapat menyebabkan masalah gigi dan mulut. Salah satunya adalah karang gigi.

Kandungan bahan kimia yang terkandung dalam rokok dan alcohol ini bisa memicu pembentukan karang gigi yang semakin banyak. Bahkan, karang gigi yang perokok atau peminum biasanya berwarna hitam pekat.

Itu kenapa menghindari merokok dan minum alcohol merupakan cara yang tepat menghilangkan karang gigi.

Kurangi Konsumsi Gula

Kurangi Konsumsi Gula

Jika kamu merupakan penggemar makanan manis. Gantilah sumber gula kamu dengan mengkonsumsi buah.

Untuk menghindari karang gigi sebaiknya hindari mengkonsumsi terlalu banyak makan gula. Karena gula dapat memicu munculnya plak pada gigi. Jika dibiarkan akan menimbulkan karang gigi yang dapat mengganggu.

Rajin Mengkonsumsi Stowberi

Rajin Mengkonsumsi Stowberi

Stowberi mengandung vitamin c yang tinggi sehingga mampu merontokkan karang gigi dan lepas sendiri. Cara membersihkan karang gigi dengan stowberi pun cukuo mudah yaitu cukup dengan rutin dan teratur mengkonsumsinya. Selain itu, kamu juga bisa menggosokkan stowberi pada gigi kamu.

Jus Lemon

Jus Lemon

Lemon memiliki sifat alkalin dan antibakeri yang membantu mendesinfeksikan gigi yang kena plak. Hal ini dapat membantu memrutihkan bintik – bintik kuning dan mengurangi bau mulut dan infeksi.

Caranya cukup sediakan seperempat gelas air dan perasan lemon dari setengah buah lemon. Kemudian panaskan air dan tambahkan perasan lemon tadi. Kumur – kumur dengan menggunakan jus lemon ini selama 1 menit dan bilas, gunakan sehari sekali.

Itulah 9 cara menghilangkan karang gigi yang telah kami ulaskan untuk kamu dirumah. Kamu bisa mencoba salah satunya dirumah. Bila cara diatas tidak dapat membantu, maka tahap selanjutnya adalah dengan kamu berkonsultasi ke dokter gigi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.