8 Cara Mengatasi Kram Pada Ibu Hamil

Posted on

Mengatasi Kram – Kram pada kehamilan bukan hanya membuat ibu hamil tak nyaman, tapi juga terkadang menimbulkan kekhawatiran bagi yang mengalaminya. Sebenarnya hal ini diakibatkan karena kurangnya asupan mineral dan vitamin, pembesaran rahim, terlalu lama berdiri, kelelahan dan lain sebagainya.

Jika kamu menderita kram ketika hamil, ada beberapa cara mengatasi kram pada ibu hamil yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya :

Hindari Berdiri Lama Dan Duduk Kaki Bersilang

Hindari Berdiri Lama Dan Duduk Kaki Bersilang

Berdiri terlalu lama dan duduk dengan keadaan kaki bersilang bisa menyebabkan kaki kram, kaki bengkak dan juga nyeri pada punggung.

Walupun begitu, berdiri terlalu lama tidaklah berbahaya bagi ibu hamil, namun jika ibu hamil memiliki resiko mengalami persalinan premature dan berat badan badan bayi lahir rendah perlu lebih berhati – hati, karena berdiri terlalu lama bisa meningkatkan resiko terjadinya kedua hal tersebut.

Oleh karena itu, jika tidak terlalu harus berdiri terlalu lama untuk tidak berdiri terlalu lama dan jika duduk usahakan agar kaki tidak menyilang untuk menghindari kram pada kaki.

Memijat Kaki

Memijat Kaki

Kram kaki ketika hamil biasanya terjadi pada usia kehamilan memasuki trimester kedua dan ketiga.

Kaki kram ketika hamil biasanya terjadia pada area betis dan rasanya cukup menyakitkan, bahkan bisa tidak dapat digerakkan saking sakitnya. Biasanya sering terjadi kram kaki ini pada malam hari.

Cara mengatasi kram kaki ketika hamil adalah dengan memijat otot kaki. Dengan cara memijat – mijat kaki kamu selama 30 sampai 1 menit untuk meringankan kram kaki yang mendera.

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi Kebutuhan Cairan

Mencukupi kebutuhan cairan tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga bisa mencegah kram pada ibu hamil. Mencukupi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh bisa mencegah dehidrasi juga. Walaupun belum ada hasil dari penilitian, namun hal ini sudah terbukti jika kekurangan cairan adalah penyebab utama kram pada ibu hamil. Kamu disarankan untuk minum 8 sampai 12 gelas air setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan cairan.

Jangan Kelelahan

Jangan Kelelahan

Merasa lelah selama kehamilan merupakan hal yag normal terjadi. Terlebih lagi ketika memasuki usia kehamilan trimester kedua dan ketiga.

Pada usia kehamilan tersebut, otot kaki kamu semakin merasa lelah karena menahan berat badan bayi sehingga mengalami tekanan dan menyebabkan kram kaki.

Oleh karena itu, hindari bekerja berlebihan untuk mengurangi lelah berlebih.

Kompres Dengan Air Hangat

Kompres Dengan Air Hangat

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan kompresan air hangat. Caranya dengan membasahi kain atau handuk dengan air hangat. Kemudian mengkompreskannya pada kaki yang mengalami kram.

Lakukan Peregangan

Lakukan Peregangan

Salah satu cara mencegah kram kaki ketika hamil adalah dengan melakukan peregangan kaki pada siang hari. Dengan cara ini biasanya kamu bisa terhindar dari kram kaki yang muncul pada malam hari.

Caranya dengan berdiri satu meter dari dinding dan mencondongkan tubuh kedepan dengan menyandarkan kedua telapak tangan ke tembok. Jaga telapak tangan untuk tetap rata dilantai. Tahan selama 5 menit dan lakukan sebanyak 3 kali sehari, terutama sebelum tidur.

Cukupi Kebutuhan Harian

Cukupi Kebutuhan Harian

Ibu hamil memang perlu mencukupi asupan nutrisinya setiap hari, terutama mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium untuk mencegah terjadinya kram kaki. Beberapa makanan yang mengandung kalium diantaranya : pisang, sayuran hijau, jamur dan brokoli.

Selain itu ibu hamil juga perlu mengkonsumsi suplemen seperti asam folat, magnesium, kalium, kalsium dan vitamin yang mendukung kesehatan pada ibu hamil.

Hindari Memakai Hak Tinggi

Hindari Memakai Hak Tinggi

Menggunakan hak tinggi tak ada resiko untuk bayi, namun ibu hamil perlu waspada karena menggunakan hak tinggi bisa menyebabkan kram.

Namun, segeralah ke dokter jika kram ketika hamil dibarengi dengan pembengkakan, kemerahan, susah berjalan atau kaki menjadi lembek, karena bisa menjadi kemungkinan kamu sedang mengalami penyumbatan darah. Semoga bermanfaat.