13 Cara Mengobati Batuk Kering dan Gatal di Tenggorokan

Posted on

Mengobati Batuk Kering – Cara mengobati batuk kering dan gatal di tenggorokan terdiri dari dua pilihan. Pertama, Anda bisa membeli obat batuk di apotik sesuai resep dokter, atau memanfaatkan bahan-bahan tradisionaluntuk mengatasi batuk kering secara alami. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Batuk sendiri dibedakan kedalam dua kelompok, yaitu batuk produktif dan batuk non produktif. Batuk produktif adalah batuk yang mengeluarkan dahak atau lendir dari paru-paru ke mulut. Batuk non produktif adalah batuk yang tidak mengeluarkan dahak atau lendir, biasa disebut batuk kering.

Rempah tradisional adalah obat batuk paling ampuh untuk anak-anak dan ibu hamil, karena sudah pasti aman. Berikut cara mengobati batuk kering alami yang bisa Anda praktekkan di rumah.

Madu

Madu

Sudah sejak lama, madu dikenal sebagai salah satu obat tradisional untuk kesehatan paling ampuh. Bukan teori belaka, namun sejumlah penelitian juga membuktikan betapa ampuhnya madu dalam meredakan batuk kering.

Salah satunya adalah penelitian yang menunjukkan jika madu bisa mengatasi batu kering lebih efektif dibandingkan obat batuk kering dengan kandungan dextromethorphan. Yaitu sebuah zat yang bisa menekan rasa batuk.

Cara mengobati batuk kering dengan madu cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh madu ke dalam air hangat atau teh dan lemon. Alternatif lain, cukup minum madu secara rutin tanpa campuran bahan lainnya.

Jahe

Jahe

Selain madu, obat tradisional yang sudah terbukti ampuh dalam meredakan batuk kering adalah jahe. Jahe merupakan salah satu rempah dengan beragam kandungan baik dan dikenal mampu menghangatkan tubuh.

Membuat ramuan jahe untuk mengobati batuk tidaklah sulit. Pertama, Anda perlu memotong jahe tipis-tipis, kemudian dihaluskan. Rebus jahe halus selama satu jam, beri sedikit gula agar rasanya lebih lezat. Minum ramuan jahe 2 kali sehari agar batuk kering cepat sembuh.

Air Garam

Air Garam

Belum banyak orang yang menyadari, garam ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati batu kering. Air garam berguna meredakan tenggorokan gatal dan iritasi, yang menjadi penyebab batuk.

Tidak hanya itu, air garam juga bisa membantu mengeluarkan lendiri berlebih yang ada di belakang tenggorokan. Sehingga, rasa gatal pada saluran pernapasan bisa dikurangi.

Siapkan segelas air hangat, masukkan satu sendok teh garam ke dalamnya. Aduk secara merata dan gunakan untuk berkumur beberapa kali setiap menjelang tidur malam.

Madu dan Susu

Madu dan Susu

Bagi Anda yang sedang mencari cara mengobati batuk kering dengan mudah dan lezat, maka bisa mencoba perpaduan antara madu dan susu. Selain bercitarasa enak, obat tradisional ini juga bisa membantu mengurangi peradangan dan sakit tenggorokan.

Campurkan segelas susu hangat dengan 1 sendok makan madu, aduk merata. Minum setiap menjelang tidur malam.

Lada Hitam dan Kunyit

Lada Hitam dan Kunyit

Rebus setengah cangkir air, kemudian tambah 1 sendok teh lada hitam bubuk, 1 sendok teh bubuk kayu manis dan 1 sendok teh kunyit. Campur semua bahan sampai merata, minum ramuan 3x sehari untuk mengobati batuk kering.

Lemon, Madu dan Biji Rami

Belum banyak orang yang familiar dengan biji rami, apalagi mengetahui khasiatnya. Merebus biji rami di dalam air ternyata sama saja membuat obat batuk kering yang paling ampuh. Air rebusan biji rami yang terasa lengket dan berwarna putih bening, berguna untuk meredakan tenggorokan gatal dan membuat saluran pernapasan lebih nyaman.

Agar khasiatnya semakin besar, campurkan lemon dan madu. Dua bahan tambahan ini mampu berperan sebagai zat antibiotik ringan. Berikut adalah cara mengobati batuk kering dengan biji rami:

  • Rebus 2-3 sendok makan biji rami ke dalam 1 cangkir air
  • Tunggu sampai mengental dan saring
  • Tambahkan 3 sendok makan jus lemon dan 3 sendok makan madu

Minum ramuan tersebut dengan takaran satu sendok makan. Karena terbuat dari bahan alami dan aman, bisa menjadi obat batuk kering untuk anak.

Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih

Ketika batuk kering menyerang dan tak kunjung sembuh, banyak orang yang hanya fokus pada cara mengobatinya saja. Berbagai metode terus dicoba, baik yang menggunakan obat kimia ataupun rempah-rempah tradisional.

Di sisi lain, mereka melupakan hal dasar dan sifatnya sangat penting, yaitu mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Agar batuk kering bisa segera hilang, biasakan untuk minum 2 gelas air putih setiap 2 jam sekali. Air putih berguna untuk meredakan gatal di tenggorokan, sekaligus meredakan batuk kering.

Teh Lada Hitam

Teh Lada Hitam

Sudah sejak lama, lada hitam menjadi salah satu cara mengobati batuk kering andalan masyarakat Cina. Bahan tradisional ini dipilih karena mengandung zat yang beruna untuk merangsang sirkulasi udara sekaligus aliran lendir pada postnasal drip, supaya tertahan dan tidak masuk ke dalam tenggorokan.

Lemon

Lemon

Lemon adalah anggota keluarga jeruk yang diperkaya Vitamin C. Tingginya kandungan Vitamin C pada buah lemon berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh secara alami. Sehingga, penyakit bisa segera sembuh.

Kombinasi antara 1 sendok teh madu dan 1 sendok makan perasan air lemon juga bisa membantu melegakan tenggorokan. Sehingga, batuk kering lebih cepat diobati.

Madu dan Almond

Madu dan Almond

Penting untuk diketahui, bahwasannya kacang almond itu sama baiknya dengan bahan-bahan alami yang sudah disebutkan diatas dalam meredakan permasalahan batuk kering. Supaya hasil pengobatan tradisional ini lebih manjur, Anda bisa mencampurkan madu ke dalamnya.

Silahkan rendam satu genggam almond selama satu malam dan kupas kulitnya keesokan harinya. Tumbuk almond sampai halus, campurkan satu sendok makan madu. Minum ramuan herbal ini sebanyak dua kali sehari.

Bawang Merah

Bawang Merah

Tanpa bantuan obat di apotik, sebenarnya masih ada lho cara mengobati batuk kering dengan cepat. Salah satunya adalah menggunakan bawang merah. Siapkan bawang merah secukupnya, kemudian jadikan jus.

Supaya citarasanya lebih enak, Anda bisa menambahkan madu.

Bawang Putih

Bawang Putih

Tidak mau kalah dari bawang merah, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat batuk kering alami. Bawang putih mengandung allicin yang berguna untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi pernapasan, seperti tenggorokan gatal dan batuk kering.

Disamping itu, bawang putih mentah juga bersifat antijamur, antivirus dan antimikroba.  Wajar apabila mampu memberikan hasil yang relatif cepat. Cara mengobati batuk kering dengan bawang putih cukup dengan mengonsumsinya mentah.

Makanan yang Mengandung Probiotik

Makanan yang Mengandung Probiotik

Batuk kering yang tak kunjung sembuh bisa saja mempengaruhi daya tahan tubuh yang semakin menurun. Agar sistem imun tutup tetap prima dan kuat, Anda harus memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung prebiotik.

Asupan probiotik yang besar bisa ditemukan pada teh kombucha, cuka sari apel, kimchi dan susu kefir sebagai obat batuk kering tradisional dan tenggorokan gatal.

Demikianlah pembahasan ringkas mengenai 13 cara mengobati batuk kerings ecara alami, semoga bisa bermanfaat.