10 Cara Mengatasi Jerawat Yang Membandel

Posted on

Cara Mengatasi Jerawat – Memiliki masalah jerawat pada wajah tentunya sangat tidak nyaman dan kurang percaya diri. Terlebih jika jerawat diwajah itu membandel dan susah untuk hilangnya. Selain itu, jerawat dengan kondisi parah dan memerah akan menimbulkan rasa sakit ketika tidak sengaja tersentuh atau tersenggol.

Jerawat muncul biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan wajah, terlalu setres dan juga ketika dimana pori – pori kulit wajah kamu tersumbat.

Sebenarnya jerawat sendiri bisa hilang dalam jangka waktu beberapa hari kedepan. Namun jika sudah tidak betah dengan jerawat membandel yang sangat mengganggu kamu bisa mengikuti 10 cara mengatasi masalah jerawat yang membandel berikut ini:

Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat popular sebagai obat kecantikan dan kesehatan karena kandungannya sehingga lidah buaya juga membantu menghilangkan jerawat.

Tanaman asal afrika ini mengandung giberelin dan polikasarida yang membantu mengunci kelembapan kulit dan juga membantu menghasilkan serat kolagen dan elastin sehingga kulit lebih elastis dan lembap.

Tak hanya itu, kandungan yang terkandung pada lidah buaya ini juga bertindak sebagai anti bakteri yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Lidah buaya membantu mengangkat minyak berlebih, mengangkat sel kulit mati dan mengangkat bakteri yang menyumbat pori – pori.

Cara menggunakannya ambil lidah buaya dan keluarkan gelnya, kemudian oleskan gel lidah buaya pada daerah kulit yang terkena jerawat dan ulangi proses ini dua kali sehari selama satu minggu.

Es Batu

Es Batu

Es batu memiliki sifat antiperadangan yang membantu mengurangi pembengkakan pada jerawat yang meradang sehingga jerawat menjadi kempes. Mengompres jerawat dengan menggunakan es batu dapat mendorong kotoran naik ke permukaan kulit.

Selain itu, es batu juga membantu mengurangi kemerahan pada jerawat. Mengompres dengan menggunakan es batu bisa mengurangi rasa nyeri akibat jerawat.

Cuka Apel

Cuka Apel

Cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat dan suksinat yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

Caranya dengan menggunakan cuka apel ini sebagai pengganti toner wajah kamu.

Perasan Lemon

Perasan Lemon

Cara menggunakannya dengan mencampurkan air lemon dengan air kemudian oleskan dengan kapas pada kulit yang terkena jerawat. Namun, jangan digosok ya. Hanya dengan ditotol totol saja pada bagian yang kamu inginkan.

Selain itu, ketika kamu menggunakan perasan air lemon ini sebaiknya jangan terkena paparan sinar matahari langsung atau jangan keluar rumah karena bisa meningkatkan resiko kulit terbakar akibat sinar matahari.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang merupakan anti jamur dan anti bakteri. Sehingga bisa membantu menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok makan minyak kelapa dengan tiga sendok air mawar. Kemudian oleskan pada jerawat atau bekas jerawat dan diamkan selama 10 menit setelah itu baru bilas dengan menggunakan air.

Madu

Madu

Jenis madu yang terbukti menghilangkan jerawat pada kulit wajah adalah madu manuka. Madu super asal selandia baru ini mengandung zat antimikroba, gula, vitamin, asam amino dan mineral yang bermanfaat sekali dalam menghilangkan jerawat.

Kombinasi yang terkandung didalamnya ampuh mengangkat sel – sel kulit mati dan menyeimbangkahn pH kulit. Sehingga tak heran jika digunakan dengan rutin madu ini bisa menghasilkan kulit lebih cerah dan bersih. Dan tak hanya itu, madu juga mengurangi peradangan local akibat jerawat. Selain itu madu juga merupakan antibiotic.

Caranya oleskan madu secukupnya pada kulit yang terkena jerawat atau seluruh wajah dengan menggunakan jari bersih atau kapas dan diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan hal ini dengan teratur untuk menjaga kebersihan kulit.

Banyak Minum Air Putih

Banyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih tak hanya berguna untuk kesehatan badan saja, namun juga berguna untuk kulit kamu. Hal ini dikarenakan setiap sel tubuh membutuhkan air untuk memabantunya tetap terhidrasi dan sehat.

Jika kadar air kurang maka kulit akan kering dan retak – retak dan membuatnya lebih rentan terkena bakteri yang memicu munculnya jerawat.

Harus Menjaga Kebersihan

Harus Menjaga Kebersihan

Salah satu hal utama yang harus dilakukan agar tak muncul jerawat adalah dengan menjaga kebersihan kulit, terutama pada bagian wajah. Kita bisa membersihkannya dengan menggunakan sabun atau pembersih lainnya yang memiliki kandungan alami dan baik untuk kulit.

Jauhi Makanan Yang Tidak Sehat

Jauhi Makanan Yang Tidak Sehat

Ketika kamu berjerawat sebaiknya jauhi makanan yang tidak sehat karena akan memperlambat penyembuhan. Makanan yang harus dijauhi adalah karbohidrat olahan (mie, roti, kerupuk, sereal dan jenis lainnya yang terbuat dai tepung terigu), makanan cepat saji, makanan kaya asam lemak dan susu.

Menggunakan Uap Air Panas

Menggunakan Uap Air Panas

Menguapi wajah dengan air panas selain menghilangkan jerawat, juga membantu membersihkan kulit wajah sampai ke pori dan membawa sel kulit mati, kotoran keluar dari dalam pori – pori.

Caranya siapkan seember air panas, kemudian uapi wajah dengan air tersebut selama 3 menit, ketika melakukan penguapan lalakukan pemencetan jerawat atau komode dengan menggunakan kapas atau alat khusus yang sudah disterilkan. Setelah itu gunakan masker dengan kebutuhan kulit kamu. Dan bilas dengan menggunakan air dingin atau dengan mengompres wajah dengan menggunaakn es batu. Hal ini bertujuan untuk pori – pori yang awalnya ngebuka, tertutup kembali. Setelah itu pakat serum wajah sambil memijat lembut wajah.

Itulah 10 cara mengatasi masalah jerawat yang membandel yang telah kami rangkum untuk kamu dirumah. Diibalik dengan cara diatas, kamu juga harus menjaga asupan makanan yang sehat dan olahraga dengan teratur.